AKUPRESSUR





Bosan berobat medis atau bergantung obat terus-menerus, tetapi tidak sembuh-sembuh !!! Kenapa tidak menggunakan terapi akupresur, yang sudah terbukti manjur selama ribuan tahun?
Layanan Akupresur telah menyembuhkan ribuan pasien yang menderita berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan, sampai dengan yang berat, seperti: diabetes, hipertensi, jantung, stroke, gagal ginjal, dan penyakit-penyakit lainnya.

Akupresur adalah terapi dengan menekan titik di bagian tubuh yang merupakan jalur meridian (saluran dalam tubuh yang dilewati energi Chi) dengan penekanan menggunakanb tangan, terutama jempol, sehingga dengan penekanan tersebut akan mempengaruhi Chi (energi), Xie (darah) dan oorgan-organ tubuh baik organ padat (Cang) dan organ berongga (Fu), sehingga keseimbangan panas-dingin tubuh bisa harmonis, daya tahan tubuh meningkat, seingga patogen penyakit bisa ditangani oleh imunitas tubuh tersebut (Wei Chi).
Akupresur dengan akupuntur secara prinsip sama, hanya perbedaannya ialah pada cara merangsang jalur meridian itu kalau pada akupuntur dipakai alat yaitu jarum kalau dengan akupresur dengan menggunakan pijatan jari atau tangan.

Siapa saja yang boleh melakukan akupresur dan menerima terapi akupresur ?
- Setiap orang bisa melakukan akupresur (akupuntur tanpa jarum), pria dan wanita, karena akupresur tidak membutuhkan tenaga yang besar, sehingga wanitapun bisa melakukannya, tentunya setelah mengetahui dasar-dasar tehnik akupresur.
- Terapi akupresur bisa dilakukan terhadap semua orang, mulai bayi hingga orang dewasa dan lansia, dengan tekanan-tekanan yang disesuaikan, dan waktu penekanan yang berbeda-beda, untuk bayi cukup dengan usapan-usapan atau penekanan yang sangat lembut.




TEORI DASAR PRAKTEK AKUPRESUR.
A. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pijat akupresur;
1.      Pertama kali yang harus dioerhatikan adalah kondisi umum si penderita.
1.      Pijat akupresur tidak boleh dilakukan terhadap orang yang :
A.      Dalam keadaan yang terlalu lapar.b. dalam keadaan terlalu kenyang.
B.      Dalam keadaan terlalu emosional (marah, sedih, khawatir).
C.      Dalam keadaan hamil muda.
2.      Selain kondisi si penderita, ruangan untuk terapi akupresurpun harus diperhatikan :
A.      Suhu ruangan jangan terlalu panas atau terlalu dingin.
B.      Sirkulasi udara baik, tidak terlalu pengap dan tidak melakukan pemijatan di ruang berasap.
C.      Terapi bisa dilakukan dalam posisi duduk atau berbaring dengan tenang, tidak dalam keadaan tegang.

B. Cara memijat akupresur ;
1.      Cara pemijatan bisa dilakukan dengan :
A.      Pijatan bisa kita lakukan setalah menemukan titik meridian yang tepat, yaitu timbulnya reaksi pada titik pijat berupa rasa nyeri, linu atau pegal.
B.      Pijatan bisa dilakukan dengan menggunakan jari tangan, (jempol dan jari telunjuk).
C.      Semua titik berpasangan kecuali untuk jalur meridian ren dan tu.

2.      Lama dan banyaknya tekanan (pemijatan) :
A.      Pijatan untuk menguatkan (yang), untuk kasus penyakit dingin, lemah, pucat/lesu, dapat dilakukan dengan maksimal 30 kali tekanan, untuk masing-masing titik dan pemutaran pemijatannya searah jarum jam.
B.      Pemijatan yang berfungsi melemahkan (yin) untuk kasus penyakit panas, kuat, muka merah, berlebihan/hiper dapat dilakukan dengan minimal 50 kali tekanan dan cara pemijatannya berlawanan jarum jam.

C. Fungsi pijatan akupresur.
1.      Setiap penekanan pada titik-titik dijalur meridian / ekstra meridian akan bereaksi terhadap :
1.      Daerah di sekitar titik tersebut.
2.      Daerah yang dilintasi oleh jalur meridian tersebut.
3.      Organ yang mempunyai hubungan dengan titik tersebut.
2.      Berapa kali dalam seminggu melakukan pijat akupresur ?
3.      Untuk penyakit yang baru (akut), akupresur dapat dilakukan 2 hari sekali, sedangkan untuk penyakit yang sudah lama (kronis), akupresur bisa dilakukan 1 minggu sekali. Alangkah lebih jika terapi dibarengi dengan minum ramuan herbal, untuk membantu proses penyembuhan.


Akupresur adalah sebuah teknik penyembuhan dan relaksasi degan menekan, memijat, mengurut, bagian permukaan tubuh untuk mengaktifkan perdaran enenrgi vital agar energi kita selalu seimbang.
Merupakan solusi tepat terapi alternatif untuk penyembuhan saraf terjepit atau hnp, hypertensi, diabetes, rematik, stroke, asam urat, kegemukan, migrain, sinusitis, darah rendah, panas dalam, sembelit, insomnia, asma, alergi, maag, sakit kepala, vertigo, hepatitis, kulit kusam, penuaan dini, osteoporosis, impotensi, wasir, ambeyen, varises, kesemutan, sakit ginjal, kencing batu, sakit jantung, kelumpuhan, sakit tengorokan, prostat, kebotakan, mata rabun, nyeri otot, haid tidak teratur, anemia, pikun, atherosclerosis, diare, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog