PIJAT REPLEKSI

Selama ini banyak yang menggunakan jasa pijat refleksi khususnya untuk menghilangkan penat setelah bekerja seharian, atau dengan kata lain untuk memanjakan diri.

Namun, perlu Anda sadari bahwa ilmu pijat refleksi tidak berdiri sendiri karena pendekatannya juga berkaitan dengan akupuntur dan akupresur. Ketiganya berpijak pada prinsip bahwa setiap bagian tubuh, seperti organ dan kelenjar, diwakili oleh titik-titik saraf pada permukaan tubuh.

Organ-organ dan kelenjar-kelenjar ini dapat dicapai dengan menekan titik-titik saraf tersebut, baik dengan jempol, jari, atau dengan alat tumpul. Karena itu, seluruh anatomi tubuh dapat dipetakan dalam diagram telapak kaki dan telapak tangan.
Manfaat Pijat Refleksi yang Menyeluruh

Pijat refleksi memiliki banyak manfaat, bukan hanya secara fisiologi, tetapi juga secara psikologi, dan spiritual. Konon, pijat refleksi bermanfaat untuk memberikan relaksasi dan untuk menstimulasi tubuh agar dapat menyembuhkan dirinya sendiri dan meningkatkan kekebalannya terhadap penyakit.

Selain itu, pijat refleksi juga ternyata bisa mengurangi rasa sakit, sehingga kita tidak tergantung pada obat-obatan yang biasa kita konsumsi sebagai pain killer. Tetapi, manfaat utama pijat refleksi adalah melancarkan peredaan darah. Ini bisa diketahui dari peningkatan suhu tubuh setelah sesi pemijatan, yang menunjukkan bahwa aliran darah sudah lebih lancar.

Dengan peredaran darah yang lebih lancar, tentu banyak penyakit-penyakit lain yang berkaitan dengan pembuluh darah secara tidak langsung dapat teratasi. Misalnya saja, problem tekanan darah. Jika pembuluh darah menyempit, tentu tekanan darah akan meningkat. Bayangkan aliran air dalam selang yang ditekan bagian ujungnya.

Semakin sempit salurannya, tentu semprotan airnya akan lebih kencang.  Dengan pijat refleksi, saluran pembuluh darah bisa diperlebar dan tekanan darah tentu akan menurun.

Selain itu, jika aliran darah lancar, sumbatan-sumbatan di pembuluh darah kemungkinan besar akan lepas, dan yang paling mendapat manfaat biasanya adalah pembuluh darah jantung.

Jika pembuluh darah jantung terbuka, pasokan oksigen ke jantung, juga ke organ-organ lainnya, akan bebas hambatan. Kalau mau diumpamakan, problem kesehatan yang berkaitan dengan pembuluh darah itu bagaikan bagaikan jalur dari desa ke kota yang mengalami kemacetan. Begitu jalurnya dibuka, lalu lintas menjadi lancar, dan transportasi makanan ke kota akan bebas hambatan.

Demikian juga dengan manfaat dari pijat refleksi. Dengan lancarnya aliran darah, organ mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen, dan potensi penyakit pun berkurang. Walau pijat refleksi bermanfaat untuk kesehatan, sebenarnya praktek ini tidaklah ditujukan untuk mendiagnosis atau menyembuhkan penyakit tertentu.

Karena itu ada batasan yang jelas antara terapis pijat refleksi dengan tenaga medis seperti dokter, terutama dalam hal menegakkan diagnosa atau memberikan pengobatan untuk penyakit tertentu.

Terapis pijat refleksi lebih tepat digolongkan sebagai praktisi holistik, yang mengevaluasi ketidakseimbangan dalam diri seorang pasien secara utuh dan membantu pasien tersebut untuk mengaktifkan daya penyembuhan dari dalam dirinya sendiri untuk mengatasi ketidakseimbangan tersebut.

Walaupun tidak secara langsung menyembuhkan, pijat refleksi bisa bermanfaat untuk memperbaiki kerja organ-organ tubuh dan mengurangi potensi penyakit. Banyaknya manfaat pijat refleksi, boleh jadi menyadarkan Anda bahwa manfaat pijat refleksi tidak hanya untuk memanjakan diri, tetapi juga dapat meningkatkan vitalitas dan kesehatan.

Sehat merupakan investasi ke depan yang harus benar-benar dijaga. Bila perlu dilakukan sedini mungkin, sampai dewasa bahkan tua sekalipun. Kesehatan tiada duanya bagi yang mencintainya, seperti sebuah pepatah klasik mensana in coperasano atau dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Di jaman modern ini, banyak kegiatan dan aktivitas kerja yang kita lakukan dengan cara duduk atau berdiri, ditambah lagi daya tarik gravitasi telah menyebabkan racun dari sisa-sisa hasil metabolisme tertimbun di telapak kaki. Di samping itu kurangnya berolahraga dan makanan yang tidak dijaga menyebabkan banyak orang merasa letih, lesu, tidak bersemangat dan timbulnya berbagai penyakit.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh International Journal of Alternative and Complementary Medicine, orang yang menderita stres dan depresi merasa ada perbaikan setelah menjalani terapi pemijatan selama 30 menit setiap minggu.

Tujuan

Pada dasar ilmunya, pijat ini bisa menyembuhkan hampir semua penyakit.

Tujuan utama dari pemijatan bukanlah untuk penyembuhan, tetapi untuk kebugaran, dan secara tidak langsung dapat mencegah penyakit.

Pemijatan merupakan pemberian energi yang dimasukan ke dalam tubuh untuk memperlancar peredaran darah, sehingga dapat terhindar dari penyakit bahkan dapat pula mengobati penyakit. Sudah banyak diakui bahwa pijat dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat

Manfaat dari terapi pemijatan antara lain :
melancarkan sirkulasi darah di dalam seluruh tubuh
menjaga kesehatan agar tetap prima
membantu mengurangi rasa sakit dan kelelahan
merangsang produksi hormon endorfin yang berfungsi untuk rileksasi tubuh
mengurangi beban yang ditimbulkan akibat stress
menyingkirkan toksin
menyehatkan dan menyeimbangkan kerja organ-organ tubuh

Dengan pemijatan ini stres, nyeri, dan ketegangan bisa diusir. Kekuatan dan kelenturan pikiran, tubuh, dan emosi bisa ditingkatkan. Tidur bisa lebih berkualitas. Restrukturisasi tulang, otot, dan organ dapat dibantu. Cedera baru dan lama bisa disembuhkan. Konsentrasi dan ingatan dapat ditingkatkan. Bahkan, rasa percaya diri dan harmoni bisa disegarkan.

Keuntungan pemijatan bermanfaat untuk melenturkan otot-otot dan melancarkan peredaran darah serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau dalam jangka pendek badan sehat, secara otomatis untuk jangka panjang kesehatan juga baik.


Perkembangan Pemijatan

Ilmu pemijatan sudah diakui kalangan pakar kesehatan antara lain; Dr William Fitzgerald yang lulusan Unieversitas Vermont, bersama Dr Edwin Bowers dan Dr Joseph Selbey Riley memperkenalkan teori penyembuhan tersebut kepada dunia kedokteran dan membuat peta kaki.
Penyebaran yang mendunia tersebut tentu tak lepas dari manfaat yang bisa diberikan pijat refleksi.

Secara praktek dapat dibuktikan bahwa terapi pijat memiliki efektifitas cukup tinggi. Bukan hanya melancarkan peredaran darah, tapi juga menambah energi karena secara mekanistis memiliki kemampuan melatih saraf dan otot tubuh sehingga tubuh lebih fit dan mampu menangkal penyakit.
Pemijatan akan manjur jika dilakukan pada titik yang tepat dan menggunakan teknik yang benar,” kata Prof. Hembing. Jadi kalau sedikit saja titik yang dipijat meleset, maka efek yang akan didapatkan akan berbeda

Memang bagi yang belum pernah melakukan biasanya tubuh akan terasa rileks atau merasa lelah atau mual. Yang perlu diingat, pilihlah massage (pemijat) therapis yang berpengalaman dan profesional. Karena, mereka lebih mengetahui daerah-daerah yang dilalui pembuluh darah yang perlu dihindari dan mempunyai pengetahuan serta pendidikan terapi pemijatan (massage therapist).

Supaya efektif, terapi ini juga perlu dibarengi dengan gaya hidup yang sehat serta olahraga untuk mempertahankan kondisi tubuh.

Anda ingin melakukan perawatan tubuh agar selalu sehat dan tampil prima, mengapa tidak mencoba melakukan perawatan tubuh dengan terapi pemijatan dengan professional massage therapist ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog